Anak-Anak Meriahkan Hari Jadi Bogor Ke-530

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cibinong, 10 Juni 2012, Sejak pukul 8.00 pagi Jalan Tegar Beriman telah dipadati pengunjung yang tengah menunggu dimulainya berbagai macam pertunjukan seni dan budaya pada puluhan stand yang sejak tadi berdiri dengan kokoh. Tak heran pengunjung berdatangan lebih padat dari biasanya, dikarenakan acara Helaran budaya ini hanya dimeriahkan setiap setahun sekali. Kurang lebih 39 kecamatan di daerah bogor mengikuti festival seni budaya ini untuk memperingati hari jadi bogor ke-530 dan juga untuk memperkenalkan serta memperkental kebudayaan bogor kepada masyarakat. Kebanyakan peserta terdiri dari orang tua dan remaja, lalu beberapa peserta telah menginjak LANSIA, meski umur mereka terlalu tua untuk mengikuti kegiatan ini, tetapi semangat mereka tak pernah sedikitpun terkikis oleh waktu, kemudian sisanya terdiri dari anak-anak yang mempunyai umur kurang lebih 7-11 tahun yang masih duduk di bangku SD.

Gesit, lincah, dan antusiasnya anak-anak saat mempertunjukkan kebolehan masing-masing kepada pengunjung yang singgah pada stand mereka. Selain itu, kegigihan dan kesabaran nampak dari raut wajah mereka, meski keringat bercucuran dan dahaga menggerogoti tenggorokan, mereka rela menunggu Sang Pilihan Rakyat untuk singgah dan menyaksikan kebolehan mereka walau harus berdiam diri dibawah teriknya Sang Matahari. Tetapi perjuangan mereka tidak sia-sia, karena Akhirnya Sang Pilihan Rakyat telah datang menyaksikan aksi mereka satu persatu, walaupun hanya sekitar 15 menit Bupati Rachmat Yasin beserta Istri menyaksikan pertunjukkan mereka, mereka tetap berlapang dada menerimanya. 3 Jam telah berlalu dan acara telah sampai pada puncaknya, beberapa peserta telah merapikan stand dan akan segera pulang menuju kediaman tercinta daerah masing-masing, begitu juga dengan anak-anak yang sejak tadi kelaparan. Sebelum pulang mereka menyempatkan waktu untuk menikmati hasil jerih payah mereka, mmm…. “NIKMAT” itulah yang sekarang nampak pada raut wajah anak-anak penuh bakat yang sedang menikmati makan siang bersama.

Anak-anak ini mempunyai bakat dan potensi untuk meneruskan kebudayaan bogor, anak-anak ini pula yang akan menjadi cikal bakal untuk melestarikan kebudayaan bogor di masa mendatang, disamping itu sangat sedikit sekali anak-anak yang mempunyai minat dan perhatian pada kebudayaannya sendiri, oleh karena itu agar kebudayaan didaerah bogor tidak lenyap ditelan masa dan berpindah tangan ke negeri seberang, seharusnya anak-anak ini diberikan perhatian yang lebih oleh masyarakat khususnya pemerintah bogor, agar mereka tidak meninggalkan kebudayaannya sendiri, karena pada zaman yang serba praktis ini akan sangat sulit mencari anak-anak yang mau melestarikan kebudayaannya.

 

 

 

anak-anak meriahkan hari jadi bogor ke-530

Oleh: Fathy Rahman Ismail

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s